JK : Soal Century, Rampok Kok Dianggap Sistemik

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kasus skandal Rp 6,7 triliun Bank Century setuju bahwa itu adalah perampokan yang dilakukan pemilik. Dan bahayanya, ‘perampokan’ itu dibantu oleh pejabat yang profesional tapi tidak jujur.

Kritik itu disampaikan Jusuf Kalla saat menyampaikan bahwa ada empat tipe pejabat di negeri ini. Hal itu disampaikan Kalla dalam seminar “Saatnya Hati Nurani yang Bicara” di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat 8 Januari 2010.

Empat tipe pejabat di negeri ini yakni, profesional jujur, profesional tidak jujur, tidak profesional tidak jujur, dan tidak profesional tidak jujur.

“Yang paling berbahaya pejabat yang profesional tidak jujur. Inilah yang terjadi pada Bank Century. Perampokan bank. Mereka tahu dan profesional cara melakukannya,” kata Kalla.

Kenapa sampai hilang Rp 6,7 triliun? “Kalau tidak profesional barangkali hilang 20 juta atau berapa. ini ada hubungan dengan moral, hukum, ada kesempatan. Yang paling mudah cari kesempatan ya orang pintar,” sindir Kalla.

Menurut Kalla, kasus skandal Century ini bukan karena krisis tapi karena dirampok. Dan membantu rampok, kata Kalla, berarti ikut perampokan.

“Jelas, rampok kok dianggap sistemik itu loh. Ini kasus tertinggi dalam sejarah republik. Diperiksa tiga lembaga yang tidak di atasnya kecuali Tuhan. BPK lembaga pemeriksa tertinggi, KPK penyelidik tertinggi, yang diperiksa juga tertinggi,” kata Kalla. viva

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s