berita

Google Segera Tinggalkan China..!

Raksasa mesin pencari di dunia maya, Google Inc, mau angkat koper dari Cina. Ini karena desakan politik Amerika Serikat pada Google. Pemerintah AS menemukan, ada peretas (hacker) asal Cina yang memanfaatkan jaringan Google untuk mengungkapkan jaringan aktivis pejuang HAM Cina.

Peretas, yang kemungkinan besar berasal dari intern pemerintah Cina itu mengincar dan membuka identitas aktivis Cina, yang memang dilindungi di AS. Atas peristiwa ini, pemerintah AS ‘menegur’ Google. Menlu AS, Hillary Clinton, turun tangan dan menyatakan ”Peristiwa ini menimbulkan pertanyaan dan perhatian atas posisi Google,” kata Hillary.

Keputusan Google hengkang dari Cina diambil Selasa (12/1). ”Mengkaji ulang operasional Google di Cina sebuah keputusan yang sangat sulit. Kami paham ada konsekuensi panjang di belakangnya,” kata kuasa hukum Google, David Drummond, Selasa lalu.

Sebelumnya, sikap Google memang lunak pada pemerintah Cina. Mereka setuju saja ketika Cina meminta agar mesin pencari Google menyaring seluruh informasi yang berhubungan dengan aktivis antipemerintah.

Langkah ini mendapat protes keras dari aktivis politik global, hingga pemegang saham Google. Mereka menilai keputusan Google melanggar motto perusahaan, ”Don’t be evil”. Pada awalnya Google bergeming atas protes ini.

Namun ketika Google menemukan adanya peretas asal Cina yang menyerang lewat Google dengan menyusup ke 20 laman perusahaan top AS dan mengumpulkan serta mengumumkan data-data aktivisi proHAM Cina, barulah Google bersikap.

Juru bicara Google, Matt Furman, enggan menanggapi hal ini. Ia menolak berkomentar ketika ditanya apakah Google menduga ada hubungan pemerintah Cina dengan peretas tersebut. Begitu juga juru bicara Konsulat Cina di San Fransisco, yang menolak mengomentari peristiwa ini.

Google sebenarnya masih membuka pintu bagi Cina. Pejabat Google berencana ke Cina membahas soal aturan sensor laman. Bila Cina mau melepas kebijakan sensor lamannya, Google akan tetap berinvestasi di Cina, dan mengembangkan mesin pencari berbasis .cn (China). Tapi bila tidak, Google bersiap angkat koper. republika

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s