tips

Inilah Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

Bagi juragan yang lagi melakukan program menghamili dan dihamili hamil, apalagi kalo baru pertama kali dan kurang pengalaman soal hamil, mungkin bisa sedikit membantu, cekidooot gan:

Sepertinya masih banyak yang agak bingung soal cara menghitung usia kehamilan. Jadi, hari ini saya pingin berbagi sedikit tentang penghitungan usia kehamilan -biasanya sih disebutkan dengan satuan “minggu”, hopefully artikel singkat saya ini bisa membuat wannabemoms mengerti cara penghitungannya dengan jelas.

Dua elemen penting yang perlu diperhatikan dalam menghitung usia kehamilan adalah HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dan panjangnya siklus haid. Tiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda, bahkan dalam satu individu pun siklus di tiap bulannya bisa berbeda-beda panjangnya (lamanya).
Proses terjadinya kehamilan dimulai ketika sel sperma bertemu dengan sel telur yang matang yang keluar pada hari subur (saat ovulasi). Karena menentukan tanggal pasti masa subur cenderung sulit (karena seringkali maju atau mundur), maka yang dijadikan patokan adalah HPHT dan panjangnya siklus.
Rata-rata panjang siklus haid seorang wanita adalah 25-32 hari. Walaupun kadang siklus bisa lebih pendek atau memanjang, tapi mayoritas siklus adalah 28-30 hari. Saya akan menjelaskan dengan sebuah contoh:

Seorang wanita memiliki siklus haid sepanjang 28 hari. HPHT adalah tanggal 2 September 2009. Dengan asumsi bahwa siklusnya teratur dan panjangnya 28 hari, berarti ia akan mengalami haid berikutnya pada tanggal 30 September 2009, dengan demikian masa subur dialami pada sekitar tanggal 15-17 September 2009. Anggaplah ovulasi terjadi pada tanggal 16 September, dan sel telur bertemu dengan sel sperma dan terjadi pembuahan, maka hari itulah kehamilan dimulai.
Untuk contoh kasus di atas, jika hari ini tanggal 24 Oktober 2009, maka usia kehamilan wanita itu adalah 7-8 minggu.
Dalam menghitung usia kehamilan, disepakati secara internasional bahwa penghitungan umumnya ditandai dengan satuan minggu. Jadi pada dasarnya, dari apa yang saya jelaskan di atas, kehamilan tuh sebenernya baru mulai terjadi pada minggu ke-3. Hanya saja, karena jarang sekali wanita yang benar-benar tahu secara pasti kapan terjadi ovulasi, maka penghitungan “ditambah” 2 minggu sebelum terjadi ovulasi, yaitu dihitung sejak HPHT.
Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat bagi para wannabemoms, dan kalau sudah bisa menghitung perkiraan usia kehamilan, tinggal mencocokkan dengan pengukuran usia kehamilan yang dilakukan dokter kandungan dengan menggunakan USG.

Terkait :

Inilah Aplikasi Untuk Menghitung Masa Subur

5 thoughts on “Inilah Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

  1. Maaf Pak mau tanya, Saya mens terakir antara tanggal16-20 november 16-20 th 2011 saya lupa pasti kapan mens terakir, sampai saat ini tanggal 21 desember saya belum mens, padahal saya sudah cek pakai tes pek untuk mengetes kehamilan hasilnya negatif. Yang inggin saya tanyakan apakah saya hamil. Saat melakukan hubunggan memang dikeluarkan didalam. Terimakasih sebelumnya Pak.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s