Jusuf Kalla Sumbang Dua Helikopter Untuk PMI

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Pusat, Jusuf Kalla menyumbangkan dua helikopter dan dua kendaraan yang dapat melaju di segala medan (Hagglunds).

Helikopter dan hagglunds tersebut, rencananya akan dijadikan ambulans khusus untuk menerebos daerah yang sulit dijangkau baik melalui jalan udara maupun jalan darat saat terjadi bencana.

“Dalam 24 jam pertama dalam bencana adalah masa paling kritis. PMI perlu meningkatkan kecepatannya dalam melakukan pertolongan,” ujar Jusuf Kalla usai memimpin apel siaga bencana bagi petugas PMI di Jabodetabek dalam rangka meningkatkan kesigapan dalam penanggulangan bencana, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa 26 Januari 2010, seperti dikutip dari situs milik Pemerintah DKI.

Mantan Wakil Presiden RI tersebut menambahkan, helikopter ambulans udara nantinya juga bisa dioperasikan untuk wilayah DKI Jakarta yang dikenal rawan kemacetan. Dengan begitu, sambung dia, pertolongan yang diberikan PMI kepada masyarakat dapat lebih maksimal.

Kendaraan hagglunds, dipastikan mampu menerobos jalan atau daratan yang digenangi air dengan batas ketinggian tak lebih dari satu meter. Hagglunds juga dilengkapi satu perahu karet siap pakai.

“Dalam pelaksanaannya PMI tidak bisa bekerja sendiri, diperlukan kerja sama dari masyarakat. Ini pertolongan berbasis masyarakat, dan PMI ikut membantu dengan menyediakan peralatannya,” jelasnya.

PMI DKI Jakarta juga mengerahkan anggota SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) yang terdiri dari 1600 anggota dan tersebar di setiap kelurahan di DKI Jakarta.

Jika terjadi bencana, maka anggota SIBAT yang memiliki keterampilan dan dilatih khusus oleh PMI untuk mengevakuasi korban bencana, akan pertama kali tiba di lokasi kejadian bencana.

“Untuk bisa mengurangi dampak dari bencana dibutuhkan keahlian, pengalaman, peralatan, dan keikhlasan. Untuk itu dibutuhkan pengorganisasian yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu, saat disinggung mengenai masalah demam berdarah dengue (DBD) yang kerap menyerang masyarakat paska musim penghujan, Kalla memastikan, PMI telah menyiapkan kantong darah untuk membantu korban pasien DBD.

“Tahun lalu untuk seluruh Indonesia, PMI mampu menyiapkan sekitar 3 juta kantong darah. Tahun ini ditargetkan 5 juta kantong darah dapat tersedia,” tandasnya. vivanews

Wah, hebat hebat…. salut pak…..

6 tanggapan untuk “Jusuf Kalla Sumbang Dua Helikopter Untuk PMI

  1. Akhirnya kita mengetahui bahwa Jusuf Kalla adalah sosok negarawan sejati , yang memberikan manfaat kepada PMI /lembaga yang dipimpinnya , bukan malah mengambil manfaat dari organisasi/lembaga yang beliau pimpin . Seperti kebanyakan sosok politikus dan pejabat di Indonesia yang mengejar keuntungan semata.
    Teruskan perjuangan anda bagi Indonesia tercinta .

  2. Ya seperti slogan pak JK, lebih cepat..lebih baik. Dengan helikopter, korban/pasien lebih cepat tertangani. Dan Insya Alloh, hasilnya lebih baik. Indonesia sangat memerlukan sosok JK..

  3. Ya, Bapak memang pemimpin yang dibutuhkan bangsa Indonesia. Tetapi Allah melalui pemilu yang lalu memberikan yang terbaik. Semoga PMI menjadi lahan yang lebih bermanfaat buat Bapak dan bangsa Indonesia dalam membangun bangsa. Amien!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s