politik

Nasional Demokrat Yang Bertabur Tokoh Nasional

Rencana deklarasi organisasi kemasyarakatan (ormas) bernama Nasional Demokrat (ND) benar-benar siap. Deretan tokoh nasional terlihat mendominasi sebagai deklarator. Salah satu deklarator dari PAN Didik J Rachbini membenarkan dirinya ikut mendukung ormas ND ini.

“Ini kan persahabatan saya dengan Pak Surya, Sultan, Siswono, dan temen-teman lain. Ini hanya organisasi sosial kemasyarakatan. Jadi murni gerakan moral dan sosial. Supaya berpengaruh, maka perlu sebanyak mungkin orang untuk bergabung,” kata Didik kepada detikcom, Senin (1/2/2010).

Menurut Didik, deklarasi yang berlangsung sore nanti akan dihadiri oleh para deklarator dari berbagai unsur dan latar belakang. Antara lain, Anies Baswedan, Sultan Hamengku Buwono X, Syafii Maarif, Khofifah Indarparawansa, Siswono Yudohusodo, Ferry Mursyidan Baldan, Syamsul Mua’rif, Enggar Tyasto Lukito dan Surya Paloh sebagai sebagai pendiri utama.

Dari nama-nama ini, politisi Partai Golkar yang tidak diakomodir oleh Aburizal Bakrie dalam kepengurusan DPP Partai Golkar 2009-2014 tampak mendominasi.

Menurut Didik, ada juga anggota DPR dari berbagai partai politik yang terlibat. “Para deklarator berasal dari lintas profesi seperti budayawan, akademisi, termasuk anggota DPR dari berbagai fraksi. Ada Akbar Faizal dari Hanura, Budiman Sudjatmiko dari FPDIP dan lainnya,” papar Didik yang merupakan politisi dari PAN itu.

Didik menegaskan bahwa ormas ini murni sebagai wadah gerakan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk mengimbangi gerakan politik dari partai. Tujuan utamanya untuk membangun komitmen bersama untuk berkontribusi sebesar-besarnya menciptakan kesejahteraan rakyat.

“Ini perwujudan kebebasan berserikat dan di luar gerakan politik. Gerakan politik itu perlu perimbangan gerakan moral, biar tidak melenceng,” pungkasnya. detiknews

One thought on “Nasional Demokrat Yang Bertabur Tokoh Nasional

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s