politik

Ketika SBY Berhutang Budi Kepada Ical

Upaya elite partai Demokrat untuk mengguncang Partai Golkar yang dianggap keluar dari jalur koalisi dalam kasus Bank Century lewat mengancam Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie diprediksi akan menemui jalan buntu.

“Ada utang budi SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) pada Ical (sapaan akrab Aburizal Bakrie). Namun elite PD tidak menyadari hal ini dan mengeluarkan ancaman-ancaman terhadap Golkar yang menyinggung Ical. Inilah yang membuat kondisi panas,” kata pengamat politik Boni Hargens kepada wartawan, Jakarta, Minggu (14/2).

Menurutnya, indikasi utang budi Presiden SBY terlihat ketika Partai Golkar mengadakan Munas di Riau beberapa waktu lalu. Dijelaskannya, SBY secara jelas memberikan dukungannya pada mantan Ketua Kadin itu untuk merebut kursi Ketua Umum Golkar.

Padahal, lanjut dia, saat itu Ical harus berhadapan dengan kandidat lainnya yang didukung Jusuf Kalla, sebagai mantan wakil presidennya. “Golkar yang pada pilpres adalah kompetitor SBY, tapi kembali mendapatkan jatah kursi di kabinet, karena peran Ical,” tegasnya.

Hal yang sama, lanjut dia, terlihat dengan tidak adanya sanksi kepada Ical saat masih tergabung dalam kabinet Indonesia Bersatu Jilid 1 terkait bencana Lumpur Lapindo.

Dengan contoh di atas, tegas dia, nampak jelas adanya hubungan yang spesial antara SBY dan Ical sehingga tidak mungkin akan ada tindakan. Dikatakannya, fakta itu tidak disadari oleh bawahan SBY baik di pemerintahan maupun parpol.

“Kalau saja mereka tahu latar belakangnya tentunya mereka juga tidak akan berani mengusik Ical, karena bos besarnya saja tidak berani,” ujar Boni. primarionline

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s