tips

Inilah Tips Untuk Mengatasi Selulit

Salah satu gangguan kulit yang kerap dikeluhkan wanita adalah masalah selulit. Untuk gangguan kulit ini, semua wanita memiliki kemungkinan untuk mengalaminya. Tak hanya mereka yang memiliki masalah dengan dengan berat badan, yang kurus pun bisa dihinggapi selulit.

Selulit, atau yang kerap disebut kulit jeruk ini, sebetulnya merupakan hasil dari penumpukan lemak di lapisan bawah kulit, Pada lapisan ini memiliki jaringan-jaringan ikat yang menyekat. Nah, ketika lemak bawah kulit ini bertambah, ia akan mengisi ruang-ruang di antara jaringat ikat secara tak merata. Sehingga, ketika lemak bertambah banyak, permukaan kulit jadi tak mulus atau cenderung bergelombang.

“Ibarat kasur kapuk yang punya bagian-bagian yang dijahit, jika padat ia akan semakin bergelombang,” tutur dr. Hardy Suwita, Sp. KK., spesialis kulit dari RS Satya Nagara, Jakarta. Kalaupun tak langsung terlihat bergelombang, ketika dicubit atau dalam posisi tertentu, misalnya menungging, akan terlihat gelombang selulitnya.

Awal terbentuknya selulit, ujar Hardy, hingga kini masih menjadi perdebatan di kalangan medis. Menurutnya, selulit sebenarnya merupakan proses alami tubuh yang membentuk cadangan lemak di bawah kulit.

Hanya saja, karena beberapa faktor penunjang, seperti pertambahan berat badan drastis, sirkulasi darah kurang lancar, dan hormonal, akan menyebabkan tubuh menimbun lemak di bawah kulit lebih banyak dari kondisi normal. Tapi, sifatnya hanya mempercepat selulit terbentuk, bukan sebagai penyebab utama.

Untuk mengatasi selulit, lanjut Hardy, memang tak bisa ditempuh dengan cara instan. Walaupun di luaran banyak terdapat krim, atau alat massage yang menjanjikan, dan dipercaya bisa mengatasi selulit, tapi itu tak bisa menjamin selulit akan hilang.

“Satu-satunya cara, ya dengan mengurangi lingkar tubuh. Jika lingkar tubuh mengecil, otomatis selulit juga akan semakin tersamar, ” terang Hardy memberi gambaran. Cara lain yang bisa ditempuh, menurut Hardy, adalah melalui cara msoterapi atau liposuction (sedot lemak) yang dikombinasi dengan radio frekuensi.

Antisipasi penyebab gangguan pada kulit

1. Pelembap. Gunakan pelembap tubuh alami, seperti minyak zaitun setelah mandi, terutama saat hamil.
2. Air. Perbanyak minum air putih untuk menjaga kelembapan kulit.
3. Kosmetik. Hindari pemakaian kosmetik dan obat-obatan yang diduga bisa menyebabkan alergi, seperti deodoran yang mengandung alkohol, atau pil kb.
4. Obesitas. Menghindari kegemukan (obesitas), ditengarai dapat mencegah terjadinya selulit maupun stretch mark.
5. Menggaruk. Hindari menggaruk bagian tubuh tertentu yang dihinggapi stretch mark, karena bisa semakin memperparah robekan di lapisan dermis kulit.
6. Nutrisi. Perhatikan selalu asupan makanan, terutama dari sisi kandungan nutrisi dan kalorinya. inilah

Terkait :

Ternyata Mandi Shower Bisa Membuat Awet Muda

Mengungkap Karakter Pria Dilihat Dari Bentuk Rambut

Yuk Mengintip Kepribadian Si Dia Melalui Cara Bersinnya

Tips Agar Wanita Selalu Rindu Pasangannya

[TIPS] Perut Seksi berkat Crunch & Sit-up

8 Tips Meredakan Kemarahan

One thought on “Inilah Tips Untuk Mengatasi Selulit

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s