WASPADAI, Tidur Malam Sambil Mengertak Gigi Pertanda Stress

Tanpa disadari beberapa orang kadang memiliki kebiasaan mengertak giginya saat sedang tidur di malam hari. Ternyata kebiasaan mengertak gigi saat tidur diakibatkan faktor stres yang melanda orang tersebut di siang harinya.
Sebuah penelitian baru di Jerman menunjukkan bahwa orang yang suka mengertakkan giginya pada malam hari tampaknya cenderung disebabkan orang tersebut mengalami stress.Faktor lain yang turut mempengaruh adalah sebagai kemungkinan untuk pelarian dalam mengatasi beberapa hal yang dianggapnya sulit.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Maria Giraki dari Heinrich-Heine-University di Dusseldorf, Jerman mempelajari 48 orang yang diketahui suka mengertak giginya pada malam hari terutama saat tidur, kondisi ini disebut dengan ‘Sleep Bruxism’. Hasil penelitian ini telah dilaporkan dalam jurnal Head and Face Medicine pada tanggal 5 Maret lalu.

Kebiasaan suka mengertak gigi dapat menyebabkan gigi menjadi kasar saat digunakan, gigi menjadi renggang, mengalami sensitifitas yang tinggi, pertumbuhan yang abnormal serta mengalami rasa sakit pada otot-otot yang bertanggung jawab untuk mengunyah.

“Meskipun belum sepenuhnya terbukti, tapi faktor stres diduga telah terlibat dalam kebiasaan ini. Kami bertujuan untuk menyelidiki apakah faktor stres bisa sangat mempengaruhi atau terkait jelas dengan gejala Sleep Bruxism,” ujar Giraki, seperti dikutip dari HealthDay, Senin (8/3/2010).

Peneliti mengukur kertakan gigi di malam hari pada semua partisipan dengan menempatan piring tipis dalam mulut setiap partisipan. Dalam penelitian ini tidak ada rentang usia, jenis kelamin dan tingkat pendidikan tertentu. Tapi didapatkan partisipan yang mengalami kebiasaan ini setiap hari dilaporkan karena mengalami stres setiap harinya baik akibat kerjaan atau tidak.

“Hasil penelitian kami mendukung asumsi yang ada bahwa orang-orang yang mengertakkan gigi saat malam hari diakibatkan karena tidak mampu menghadapi stres yang dialaminya dengan cara yang sesuai. Mereka umumnya lebih memilih strategi untuk melarikan diri dan menghindari masalah yang ada,” ungkap Giraki.

Karena itu salah satu cara untuk menghilangkan kebiasaan mengertak gigi saat malam hari adalah dengan memandang stres sebagai hal yang positif. Selain itu cobalah untuk menghindari faktor-faktor pemicu stres setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s