islami

Apa Ada Yang Salah Dengan Waktu Solat Subuh di Indonesia..??

PP Muhammadiyah akan menggelar Musyawarah Nasional Majelis Tarjih dan Tajdid di Malang. Acara ini dijadwalkan berlangsung 1-4 April di Universitas Muhammadiyah Malang.

Salah satu yang dibahas dalam musyawarah ini adalah soal waktu solat Subuh. “Selama ini, solat Shubuh di Indonesia memang terpagi dibandingkan di negara lainnya,” kata Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar, usai bertemu Gubernur Jatim, Soekarwo, Selasa (23/3). “Karenanya kami akan bahas ulang waktu solat shubuh.”

Waktu solat yang terlampau pagi ini, kata dia, dikawatirkan menjadi salah satu faktor malasnya umat Islam menjalankan solat subuh itu.

Di Indonesia, adzan Subuh dimulai ketika fajar atau matahari berada 20 derajat di bawah ufuk (titik dimana matahari mulai terlihat). Waktu ini dinilai terlalu pagi jika dibandingkan dengan nagara lainnya.
Syamsul mencontohkan Maroko, misalnya. Negara ini, kata dia, memiliki waktu subuh pada saat matahari berada di titik 18 derajat di bawah ufuk. Pun di Mesir, dimana waktu subuh dimulai saat matahari berada di titik 19,5 derajat di bawah ufuk.

Menurut Syamsul, waktu subuh yang dianut Indonesia yaitu 20 derajat di bawah ufuk sebenarnya tidak menyalahi aturan. Sebab, sesuai hukum islam, waktu Shubuh memang diantara 20 derajat sebelum ufuk hingga 0 derajat ufuk. “Tapi kalau waktu solat Shubuh lebih siang mungkin akan lebih banyak yang solat,” ujar Syamsul. tempo

Semoga kita slama ini  gag salah gan ……. amieeennn

Artikel Islami :

Renungan 3 Amalan Yang Tiada Putus Dari Orang Yang Sudah Meninggal

Pacaran Islami, Pacaran Setelah Menikah ?

Koleksi Pedang Nabi Muhammad SAW

Nama Muhammad S.A.W Terukir di Bukit Uhud!!!

[POTO] Berbagai Tempat Orang Menunaikan Sholat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s