berita

Penggagas Kontes Kartun Nabi Minta Maaf

Grup Facebook ‘Everybody Draw Mohammed Day’ diprotes di berbagai belahan dunia karena menghina umat Islam. Kartunis Seattle yang menelurkan ide lomba itu pun kini menyesali perbuatannya.

Molly Norris adalah kartunis asal Seattle, AS, yang pertama kali mempublikasikan poster lomba gambar Nabi Muhammad ini di situs pribadinya. Tujuannya adalah membela film kartun South Park khususnya episode ke 201 yang disensor stasiun televisi Comedy Central, karena menampilkan adegan Nabi Muhammad yang memakai kostum beruang.

Publikasinya ini kemudian disambut publik AS dengan grup Facebook bertajuk sama. Grup yang tidak diketahui pembuatnya ini kemudian menimbulkan protes dunia internasional.

“Saya meminta maaf kepada umat Islam. Saya tidak membuat grup Facebook lomba kartun itu. Yang membuat adalah orang lain,” kata Norris dalam situs pribadinya.

Menurut Norris dia hanya membuat kartun terkait pelarangan salah satu episode kartun South Park. Namun dia sama sekali tidak menduga kartunnya dipublikasikan secara luas bahkan menjadi semacam gerakan di Facebook.

“Saya sangat kaget. Tujuan awalnya hanya terkait penyensoran dari Comedy Central, tapi akibatnya malah menghina Muslim yang tidak ada kaitannya dengan ini,” jelas dia.

Norris berpendapat penyensoran dari Comedy Central melanggar hak asasi berpendapat. Tapi, dia juga mengaku lalai bahwa kartunnya pun melanggar hak asasi beragama umat Muslim.

“Gambar itu menghina umat Muslim yang bahkan tidak mengganggu hak asasi kita untuk berpendapat,” pungkasnya. detik

jiaaahhhh, ajah ajah adaaahhhh..

PIHAK FACEBOOK PUN AKHIRNYA BERTINDAK…

Facebook akhirnya menjawab serbuan protes umat muslim dunia terhadap kehadiran akun yang memuat konten sketsa Nabi Muhammad SAW di situsnya. Saat ini, akun terlarang itu sudah dienyahkan.

Dalam penelusuran kami, Jumat (21/5/2010) pagi, kehadiran akun yang bernama Everybody Draw Mohammed Day itu kini sudah tak lagi terdeteksi di Facebook.

Bahkan ketika coba lebih digali di fitur pencarian, yang muncul hanyalah beberapa akun perlawanan yang menolak kehadiran akun tersebut. Seperti AGAINST “Everybody Draw Mohammed Day!, Everybody who is against the “Draw Mohammed Day”, serta Close group ” Everybody Draw Mohammed Day”.

Tidak diketahui dengan jelas, sejak kapan Facebook menutup akun kontroversial tersebut. Namun yang pasti, respon positif dari situs milik Mark Zuckerberg ini patut diapresiasi.

Pemerintah Indonesia sendiri, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelumnya telah menyatakan 4 sikap tegasnya menanggapi kejadian ini. Salah satu sikapnya adalah memerintahkan penyelenggara internet (ISP) untuk memblokir akun bernama ‘Everybody Draw Mohammed Day’ tersebut.

2 thoughts on “Penggagas Kontes Kartun Nabi Minta Maaf

  1. semoga dosanya di ampuni..karena telah meminta maaf….pesan saya kepada yang lainnya..jangan mengusik apa-apa yang menjadi kepercayaan orang lain ….bila pengen topbuatlah karya yang bermanfaat buat orang lain…..ya gak boss…lam kenal mampir yaaaa….ketempatku….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s