tips

Bekali Anak Ilmu Komputer, Kurangi Kemampuan Matematika

Sebagian orang tua di era digital seperti sekarang ini berlomba-lomba untuk membekali anaknya dengan ilmu komputer sejak dini. Sejak dari usia dini anak-anak mulai dikenalkan dengan perangkat komputer.

Padahal, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di National Bureau of Economic Research, membekali anak dengan komputer justru dapat mengurangi kemampuan mereka dalam membaca dan ilmu matematika.

“Memberikan anak-anak akses reguler ke komputer benar-benar bisa menghambat kemampuan membaca dan matematika,” kata seorang peneliti Professor Jacob Vigdor seperti dilansir Dailymail, Selasa (22/6/2010).

Di Inggris, sejak tahun 1997, pemerintah Inggris justru menggalakan penggunaan komputer di kalangan anak sekolah. Lebih dari 32 ribu sekolah telah menikmati komputer dengan akses internet. Padahal itu akan memperburuk kemampuan anak, meski dapat meningkatkan kemampuan mereka di bidang teknis komputer.

Sementara itu di North Carolina, Amerika Serikat, diketahui 150 ribu anak berusia 10 hingga 14 tahun telah menggunakan komputer secara reguler.

Para peneliti membandingkan kemampuan anak-anak membaca dan berhitung sebelum dan sesudah menggunakan komputer. Ternyata, komputer memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan kemampuan seorang anak.

“Orang tua mungkin berpikir bahwa teknologi komputer merupakan alat untuk meningkatkan produktivitas, tapi bagi rata-rata anak-anak belum tentu persepsi tersebut benar,” kata Vigdor.

Sebelumnya psikolog asal Inggris Dr Aric Sigman, dalam laporan yang dipaparkan di konferensi kesehatan anak mengungkapkan bahwa, teknologi akan mempengaruhi fokus dan otak anak yang sedang dalam masa perkembangan. Intinya, teknologi mampu merusak otak mereka. okezone

3 thoughts on “Bekali Anak Ilmu Komputer, Kurangi Kemampuan Matematika

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s