Weeehh, Oknum TNI AL Aniaya Warga

Syahrudin (37) warga Sabang, Aceh, dianiaya sejumlah oknum TNI AL. Diduga, penganiayaan bermula karena dipicu masalah sengketa tanah. Rumah milik Syahrudin yang dibangun di atas lahan bersengketa di Gampong Aneuk Laot, Kota Sabang, dirubuhkan oleh pasukan TNI pada Senin (14/6) lalu.

Informasi dihimpun dari sejumlah sumber, kasus itu berawal dari desakan TNI AL kepada Syahruddin agar segera mengosongkan lahan itu. TNI AL mengklaim bahwa lahan diduduki Syahruddin milik mereka, berdasarkan SK Dirjen Agraria No. SK 2/ H.Peng/68 dan Sertifikat Hak Pakai No. 11/ 1994..

Namun, Syahruddin juga punya bukti untuk menguatkan tanah itu miliknya. Ia mengantongi sertifikat dan surat keterangan jual beli antara orang tuanya Teungku Abd Rani Asyik dengan Chatijah tertanggal 5 Mei 1979. Harganya, 135 mayam emas murni 24 karat.

Pada 2 Juni lalu, TNI AL menyurati Syahruddin agar mengosongkan tanah tersebut. Karena tak digubris, akhirnya oknum TNI AL menggusur paksa. Rumah Syahruddin dirobohkan, ia dianiaya dan sempat ditahan TNI AL.

”Korban dikeroyok secara beramai-ramai hingga tidak bisa mengeluarkan suara. Korban tersungkur ke tanah dan diinjak-injak. Penyiksaan ini dilakukan di depan istri dan di depan tiga anak korban yang baru berumur 7 tahun, 6 tahun dan 9 bulan,” kata aktivis Kontras Aceh Feri Kusuma dalam siaran pers, Senin (21/6).

Aktivis Koalisi NGO HAM Aceh Zulfikar Muhammad mengatakan berdasarkan pengakuan korban ada sekitar 20 orang TNI AL yang menganiaya korban.

”Kasus dugaan penyiksaan wartawan oleh oknum anggota TNI di Simeulu belum sampai disidangkan. Justru oknum anggota TNI AL Sabang kembali mengulang tindakan-tindakan yang merendahkan martabat manusia,” ujar dia.

Menurutnya, perlakuan oknum TNI AL itu telah melanggar HAM. Belum diperoleh konfirmasi dari pihak TNI AL Sabang soal kasus ini. suaramerdeka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s