Akankah Nokia N8 Adalah Ponsel Symbian Terakhir Nokia?

Sadar akan posisi Symbian yang kalah bersaing dengan sistem operasi semisal OS iPhone dan Android, Nokia secara mengejutkan akan menghentikan penggunaan sistem operasi yang selama ini digunakan oleh perusahaan tersebut.

Tapi tunggu dulu, penghentian yang dimaksud bukan secara keseluruhan. Akan tetapi, ponsel cerdas Nokia Nseries akan mulai dihentikan menggunakan Symbian. Ini artinya, besar kemungkinan N8, ponsel terbaru mereka yang menggunakan Symbian3, menjadi perangkat genggam terakhir yang memakai OS itu.

“Ke depannya, Nokia N-series akan menggunakan sistem operasi MeeGo,” terang juru bicara Nokia, saat diwawancarai oleh Reuters, dan dikutip Cnet, Jumat (25/6/2010).

Di tambahkan olehnya, Symbian akan tetap melekat dalam ponsel milik Nokia. Akan tetapi OS yang 12 tahun menemani Nokia, akan lebih difokuskan ke pasar menengah ke bawah.

Seperti diketahui, Nokia terus berjuang mengembalikan posisi teratas sebagai produsen ponsel terbesar di dunia. Nokia harus kalah bersinar, khususnya di segmen ponsel cerdas high end. Perubahan di N-series ini tentu saja menjadi taruhan nama besar Nokia, apalagi saat ini sistem operasi berbasis terbuka semakin menguasai pasar.

Seperti diketahui, iPhone 4 tampaknya meningkatkan pengaruh besar Apple di pasar ponsel, dan produk pengembang aplikasi juga dijalankan di iPod Touch dan perangkat iPad yang juga menggunakan sistem operasi IOS.

Pada saat yang sama, Google telah membuat keuntungan yang stabil dengan sistem operasi Android, dengan 160.000 ponsel Android baru diaktifkan setiap hari, dan berbagai mitra rencananya juga akan membuat tablet berbasis Android. Kehadiran Nokia MeeGo, tentu saja semakin menandakan kemampuan komputer dalam genggaman. okezone

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s