berita

Weeww, Semakin Banyak Warga AS Yakin Obama Muslim

Obama, yang menganut Kristen, menyambut Ramadan di Gedung Putih. Semakin banyak orang Amerika yakin Presiden Barack Obama Muslim, kata hasil jajak pendapat.

Sekitar 18% responden mengatakan presiden AS itu Muslim, atau naik dari 11% dari bulan Maret 2009, kata hasil survey Pew Research terhadap 3.003 warga Amerika.

Di kalangan warga Republik, jumlah orang yang yakin Obama muslim mencapai 34%. Hanya sepertiga responden secara tepat mengenali Obama sebagai Kristen.

Jajak pendapat dilakukan sebelum 13 Agustus ketika Obama membela hak warga Muslim untuk membangun pusat kegiatan Islam di kawasanGround Zero di New York.

Sebanyak 43 persen responden mengatakan mereka tidak tahu agama yang dianut Obama.

‘Menyebarkan kebohongan’

Gedung Putih mengkaitkan kekeliruan soal agama yang dianut Presiden Obama dengan ”kampanye misinformasi” yang dilancarkan para lawan politiknya.

”Meski presiden rajin dan memegang teguh keyakinan Kristennya, ada orang-orang tertentu yang berniat menyebarkan kebohongan tentang presiden dan nilai-nilai serta keyakinannya,” kata penasihat keagamaan Gedung Putih, Joshua DuBois kepada kantor berita AFP.

Jajak pendapat mendapati keyakinan atas agama yang dianut sang presiden terkait erat dengan penilaian politis terhadap dirinya.

Jajak pendapat menunjukkan orang yang yakin Obama Muslim ”sangat mencela” kinerja jabatannya, sedangkan sebagian besar orang yang mengenali dia sebagai Kristen memuji kinerja.

Kabar tentang jajak pendapat tersiar di tengah kekhawatiran sebagian warga Muslim AS bahwa mereka akan menjadi sasaran terkait dengan Idul Fitri tahun ini jatuh pada 11 September, ulang tahun serangan teror 2001.

Sebagian khawatir masa perayaan Idul Fitri itu akan ditafsirkan sebagai suka cita atas serangan tersebut.

Sementara itu, debat nasional berlanjut soal rencana membangun masjid dan pusat komunitas yang berjarak sekitar dua blok dari Ground Zero di New York.

Rencana ini memicu penentangan keras dari kalangan konservatif, meski Obama, Walikota New York Michael Bloomberg dan beberapa tokoh lain membela hak si pengembang untuk membangun di sana. – bbc-id –

2 thoughts on “Weeww, Semakin Banyak Warga AS Yakin Obama Muslim

  1. Kalo pendapat gw si tu presidan emg kristen tp baelum di baptis. soalnya keluarga besarnya kan muslim. ane yakin obama punya misi tersendiri dalm hatinya. moga2 aja kelak dikemudian hari obama benar2 mengakui bahwa dia muslim.

  2. keyakinan itu hak azazi yang paling hakiki…mari tingkatkan ketakwaan sesuai keyakinan masing-masing, jangan saling menyinggung penganut agama lain,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s