berita

Ada 2 Bulan Kembar Di 27 Agustus 2010? Hmmm…

Setelah heboh matahari kembar, menyebar juga berita di milis dan email menyebut akan terjadi Mars Purnama pada 27 Agustus. Saat peristiwa langka itu terjadi, bumi akan tampak memiliki dua bulan purnama.

“Seluruh dunia sudah menunggu Planet Mars akan menjadi terang di langit malam hari mulai Agustus. Ini akan terlihat sama besarnya dengan bulan purnama dengan mata telanjang,” sebut pesan yang beredar lewat email itu.

Disebutkan pada 27 Agustus Mars akan sangat dekat dengan bumi, hanya dalam jarak 34,65 juta km.

Masyarakat dihimbau untuk melihat langit pada 27 Agustus jam 00:30. Pada saat itu bumi seperti memiliki dua bulan.

Pesan yang beredar ini bukan kali pertamanya. Pesan yang sama telah beredar pada 2004 lalu — dalam format email — berjudul ‘Mars Spectacular’ yang dikirim oleh sumber anonim. Namun, tak disebutkan di tahun berapa, momentum 27 Agustus itu akan terjadi.

Berita ini menyebar dengan cepat melalui dunia maya. Isi email itu, pada 27 Agustus Mars akan mendekat ke Bumi, hanya dalam jarak 34,65 mil (55 juta kilometer), peristiwa langka yang terjadi dalam 60.000 tahun terakhir.

Selain penampakan Mars sebesar penampilan Bulan, mendekatnya planet itu ke Bumi akan menimbulkan masalah gravitasi pada Bumi, membuat masalah pasang surut yang mengganggu.

Untungnya kabar mendekatnya Mars ke Bumi adalah berita bohong. Menurut juru bicara Planetarium Scienceworks, Rohan Astley, email yang sama terus beredar setiap tahun, mendekati Bulan Agustus.

Ditambahkan dia, memang Mars pernah mendekat ke Bumi, tapi bukan tahun ini.-sumber-

15 thoughts on “Ada 2 Bulan Kembar Di 27 Agustus 2010? Hmmm…

  1. ahhh itu semua adalah ciptaan tuhan, pada dasarnya bulah itu gembar 3 sekarang masih ada di bengkulu selatan 2 yang satunya ada di jakarta…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s