berita

Telepon Via Gmail? Mauuuuu…..

Google Inc akhirnya melansir layanan yang memungkinkan untuk melakukan panggilan ke telepon langsung dari akun e-mail. Dengan adanya layanan ini, Google siap bersaing dengan situs Skype yang memberikan layanan serupa, sekaligus operator tradisional seperti AT&T Inc maupun Verizon Communications.

Layanan ini sudah mulai bisa dicoba sejak Rabu (25/8/2010) kemarin. Dari akun Gmail, pengguna bisa melakukan panggilan telepon ke rumah dan ponsel secara gratis hingga akhir tahun ini untuk AS dan Kanada, dan ongkos yang super-rendah untuk telepon ke negara lain.

Misalnya, jika pengguna ingin menelepon ke Inggris, Jerman, China, Perancis, dan Jepang, ongkosnya hanya 2 sen dollar AS per menit.

Sejumlah analis menyatakan, layanan ini akan menjadi ancaman yang lebih besar bagi Skype ketimbang operator tradisional lain. Pasalnya, operator tradisional sudah mulai berkompetisi dengan memangkas biaya berhalo-halo beberapa tahun terakhir ini.

“Ini adalah ancaman untuk Skype. (Gmail) ini adalah kompetitor dengan merek dagang yang sangat bagus,” kata Todd Rethemeier.

Layaknya Skype, di antara user di AS, Google akan menjadi lebih populer untuk menelepon ke luar negeri ketimbang untuk menelepon domestik.

“Saat ini, ongkos telepon sudah murah, dan saya tidak yakin layanan ini akan menyedot minat untuk panggilan domestik,” kata Rethemeier.

Sementara itu, analis lain, Steve Clement dari Pacific Crest, mengatakan, user mana pun yang menggunakan jasa telepon melalui internet, kemungkinan akan memutus koneksi telepon rumah mereka.

“Tipe user yang suka menggunakan layanan seperti Skype maupun Gmail ini biasanya bukanlah tipe userkonsumen yang masih terkoneksi dengan telepon rumah atau landline,” kata Clement.

Layanan yang diberikan Google ini sangatlah simpel dan layaknya menggunakan telepon rumah biasa, yaitu pengguna meng-klik opsi call phone pada daftar teman chat di sisi kiri akun Gmail, dan menuliskan nomor telepon atau memasukkan nama kontak yang hendak ditelepon.

Pembicaraan yang menggerus ongkos akan dikutip dari akun online yang bisa di top up dengan kartu kredit. Hanya saja, Google tidak meladeni layanan ini melalui ponsel. Dus, hanya melalui komputer.

Dengan adanya tambahan layanan ini, saham Google ditutup dengan membukukan peningkatan sebesar 3,23 dollar AS, atau 0,72 persen menjadi 454,62 dollar AS di Nasdaq, Rabu (25/8/2010) kemarin. -kompas-

3 thoughts on “Telepon Via Gmail? Mauuuuu…..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s