tips

Fokus pada Kebaikan, Senjata Rahasia Cinta Sejati

TERDAPAT trik psikologis yang akan meningkatkan ikatan Anda dengan kekasih hati. Saat Anda mampu memaksimalkannya.

Menurut penelitian, ada kebiasaan yang penting untuk kesehatan cinta Anda, yakni berfokus pada kualitas kebaikan masing-masing. Rasanya, teori lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Adalah hal normal untuk melihat lebih banyak kekurangan si dia dari waktu ke waktu—kuncinya adalah tidak membiarkan kekurangan tersebut menyakiti cinta Anda berdua.

“Jika Anda dapat mengatur pikiran Anda hanya pada kekuatannya, Anda akan berkonsentrasi pada dirinya secara keseluruhan, bukan pada ketidaksempurnaan,” kata penulis studi John Holmes PhD, profesor psikologi sosial di University of Waterloo, seperti dikutip Cosmopolitan.

Dia menemukan bahwa pasangan yang melakukannya bisa memiliki hubungan langgeng. Intinya bukan pada keharusan Anda untuk mencintai perilakunya yang mengganggu. Tapi dengan fokus pada kebaikannya, Anda bisa belajar untuk memutarbalikkan pemikiran Anda sehingga bisa melihat hal positif darinya.

Buktikan bahwa Anda salah

Ketika ia melakukan kesalahan kecil, tak perlu mencari alasan untuk membesar-besarkannya hanya untuk menunjukkan ego. Cari tahu alasan kesalahannya agar pikiran Anda dapat teralihkan dan rasa gelisah berkurang.

Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda perlu marah dan mengapa Anda harus marah. Misalnya, ia telat mengambil sms Anda. Jangan langsung menuduh ia tidak lagi peduli dengan Anda.

“Cari bukti yang membuktikan Anda salah,” kata terapis Shannon Fox PhD.

Bisa jadi, dia sedang berada dalam forum pertemuan penting yang tidak memungkinkannya membalas pesan Anda.

“Menekankan pada alasan sebaliknya dapat membantu menghilangkan prasangka buruk,” tegas Fox.

Balas dengan hal baik

“Wanita kerap membandingkan hubungan mereka—dan semua masalah yang menyertainya—satu sama lain,” kata Fox.

Ungkapan seperti, “Oh, kalau kekasihku melakukan..,” saat bersama teman wanita bisa menghancurkan perasaan kekasih. Juga, memenuhi pikiran Anda dengan hal-hal negatif tentangnya.

Tidak pernah mengeluh bukan berarti Anda tidak realistis. Jika Anda akan mengeluh, tutupi dengan sesuatu yang hebat tentang dirinya untuk menjaga Anda bersikap adil. Sebagai contoh, “Aku benci kalau ia menjawab singkat kalau aku tanya, tapi ia selalu punya rencana kencan menyenangkan.“

“Ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengannya, sekaligus menempatkannya dalam posisi seimbang dan realistis dalam pikiran Anda,“ kata Fox.

Cari hikmahnya

Apapun yang dilakukan kekasih hati dan membuat Anda kesal, cobalah untuk mencari hikmahnya. Dia ceroboh? Pikirkan tentang bagaimana hal tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

“Lihatlah kekacauan sebagai sinonim sikap santai dan tidak menguasai,” kata Alon Gratch PhD, penulis If Men Could Talk.

Dia, misalnya, akan membiarkan Anda untuk memilih judul film yang akan ditonton pekan nanti. Nikmati kebebesan Anda! Contoh lain, dia bukan seorang pembicara aktif.

“Tipe pria pendiam cenderung tenang dan logis. Ini tentu hal baik untuk Anda karena dia dapat membantu Anda menyelesaikan masalah dengan cara yang masuk akal,” tukas Gratch. -okezone-

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s