personal · tips

Inilah Manfaat Dari Membaca

membaca jasadhAgan suka membaca? Ato malah ga suka membaca karena sekarang ini jamannya audio video digital..? Ternyata dengan membaca banyak manfaatnya gan, monggo disimak…

 

1. Menyegarkan Performa Otak

Menggali sebuah buku yang benar-benar bagus “mempermuda” pikiran Anda, menurut sebuah studi terbaru dari Rush University Medical Center seperti dilansir Prevention.

Orang dewasa yang menghabiskan waktu senggang mereka untuk melakukan kegiatan kreatif atau intelektual (seperti membaca) memiliki tingkat penurunan kognitif 32 persen lebih lambat di kemudian hari daripada mereka yang tidak.

“Membaca melibatkan aktivitas asosiasi dan pencarian yang membuat otak lebih efisien… melawan penyakit lupa yang berkaitan dengan usia,” Robert S. Wilson, PhD, profesor neuropsikologi pada Rush University Medical Center.

Studi lain baru-baru ini menemukan bahwa orang dewasa yang secara teratur membaca atau bermain game menantang mental seperti catur atau teka-teki, dua setengah kali lebih mungkin terhindar dari penyakit Alzheimer, dilaporkan ABC News.

2. Mencairkan stres

Berkonsentasi membaca dapat menurunkan hormon stres yang tidak sehat seperti kortisol, Weight Watchers baru-baru ini melaporkan.

Dalam sebuah penelitian di Inggris, para peserta yang terlibat dalam kegiatan menantang kemudian dibagi dalam tiga kegiatan rekreatif.

Satu diminta membaca selama beberapa menit, yang lain diminta mendengarkan musik, dan sisanya dipersilahkan bermain video game. Tingkat stres mereka yang membaca, setelah diukur ternyata turun 67 persen, lebih signifikan dibandingkan pada dua kelompok lain.

3. Memperkaya kosakata

Para peneliti memperkirakan bahwa kita belajar lima sampai 15 persen dari semua kata-kata yang kita ketahui melalui membaca. Hal ini sangat penting untuk anak-anak. Ragam kosakata yang dia serap, secara langsung berkaitan dengan buku yang mereka baca, menurut laporan Scholastic seperti dikutip Reades Digest.

4. Melatih empati

Membaca cerita fiksi, kata peneliti dari Universitas York, memberikan perspektif hidup dan meningkatkan empati. Sejenak menempatkan diri dalam kehidupan karakter yang Anda baca, memperkuat kemampuan memahami perasaan orang lain. ( sumber )

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s