jasadh · tips

Temuan Anak Usia 14 Tahun Yang Menguntungkan Amerika..!

jasadh
Sebuah penemuan yang bermanfaat tidaklah harus hi tech, tidaklah harus ditemukan oleh orang yang berusia matang. Kadang, penemuan yang bermanfaat bagi khalayak luas datangnya dari pemikiran yang sederhana, dari hal simple yang malah tidak pernah kita pikirkan manfaatnya.

image

Suvir Mirchandani adalah seorang siswa 14 tahun dari Pittsburg, yang berhasil menemukan cara untuk menghemat anggaran pemerintah federal Amerika hingga USD 400juta atau sekitar Rp 4,5 T.

Namanya kini begitu fenomenal di Amerika karena dia bisa melakukan sesuatu yangdikuasai para ahli keuangan profesional.

Untuk menghemat anggaran USD 400juta, Suvir menyarankan agar pemerintah Amerika beralih dari font Times NewRoman ke Garamond saat mencetak dokumen resmi. Karena setiap karakter yang dicetak dengan font Garamond lebih ringan dan tipis,dan menggunakan 25 persen lebih sedikit tinta, sehingga ide ini akan menghemat lebih banyak uang dalam prosesnya.

image

Suvir mendapatkan ide brilian itu, ketika dia terlibat dalamsebuah proyek ilmiah di sekolahnya-Sekolah Menengah Dorseyville.Kala itu,dia sedang mencari cara untuk menggunakan ilmu komputer untukmempromosikan pelestarian lingkungan.Setelah melakukan banyak penelitian, diapun memutuskan untukmencari tahu apakah adacara untuk meminimalkan penggunaan kertas dan tinta.

“Harga tinta dua kali lebih mahal daripada parfum Prancis jika dibandingkan dalam volume,” kata Suvir.

Dari sampel acak handout gurunya di sekolah dan mempelajari mana huruf yang paling seringdigunakan: e,t, a, odan r.Penelitian ini melibatkan empat tipografi yang berbeda:Garamond, CenturyGothic,Times NewRoman danComic Sans.Suvir lalu mengukur seberapa sering huruf-huruf itu digunakan pada masing-masing font yang ditelitinya.

Suvir menggunakan APFill Ink Coverage Software untuk mencari tahu seberapa banyak tinta yang digunakan untuk setiap huruf pada masing-masing font.Dia mencetak semua versi font yang telah diperbesar dari huruf-huruf yang ditelitinya, memotongnya di atas kertas cardstock, dan terakhir menimbangnya untuk melakukan verifikasi data. <- niat tenan bocah iki…..

Suvir melakukan tiga percobaan per huruf dan menggambarkan penggunaan tinta pada setiap font. Hasil analisisnya menunjukkan Suvir Mirchandani adalahseorang siswa14tahun dari Pittsburg, yangberhasil menemukan carauntukmenghemat anggaran pemerintahfederal Amerika hingga USD 400jutaatau sekitarRp 4,5 T.

………..

Diapun kemudian mengirimkan hasil penelitiannyakeTheJournal for Emerging Investigators (JEI).

“Kami begituterkesan dengan hasil penelitian yang dikirimoleh Suvir. Bisasayakatakanbahwa dia adalahyang paling menonjol di antara200penelitian lainnya yang telahkami terima sejaktahun 2011,” kata Sarah Fankhauser,salah satupendiri JEI.

Untukmenjawab tantanganJEI,Suvir punkemudian menerapkan hasilanalisisnyauntukproyekyang berskalalebihbesar.Ini tentu bukantugas yangmudah,namun diatampaksangat bersemangat untukmelakukannya.

Dia mulai menganalisis lima halaman sampeldaridokumen disitus resmi Government PrintingOffice(GPO) milikpemerintahfederal Amerika.Hasilnya, Suvir menemukanbahwa biayacetak tahunan yangdikeluarkanoleh pemerintahfederalAmerika -sebesar USD 1,8 miliar (Rp 20,3 T)- bisa dihemat hinggaUSD 400 juta. font Garamond yang lebih tipis bisamembantu sekolahnya mengurangi konsumsi tintasebesar 24persen,atau dengankata lain,menghemat sekitar USD 21.000(Rp 237juta) pertahun.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s