kesehatan

Awas… Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

image

jasadh.wordpress.com

Masih inget gag gan, waktu kecil kita mungkin pernah diingatkan oleh orangtua kita agar kalo makan dan minum janganlah sambil berdiri. “saru lhee…”, demikian kata ibuku waktu itu. Yaah waktu itu sih nurut aja tanpa nanya lebih lanjut. Tapi, sebenernya ada apa sih kok sampe gag boleh, terlepas dari ajaran agama dan budaya.. Hyuuk kita simak gan…

Ketika seseorang makan dan minum sambil berdiri maka akan terjadi apa yang dinamakan dengan “refluks asam lambung”.

Bahasa sederhananya adalah kondisi dimana asam lambung akan naik menuju ke saluran Esofagus dan dapat mengakibatkan sel-sel kerongkongan mengalami iritasi. Iritasi sel kerongkongan ini dapat terjadi dikarenakan nilai pH asam lambung yang memang sangat tinggi, yaitu antara pH 1 sampai pH 2,5 .

Dan hal ini (terkadang) ditandai juga dengan terjadinya “heartburn”, yaitu suatu gejala panas seperti terbakar yang menyesakkan dada. Apabila makan ( dan juga minum ) dengan berdiri dilakukan sekali dua kali, gejala ini mungkin tidak terlalu terasa.

Namun apabila dilakukan berkali-kali atau bahkan setiap saat dan menjadi sebuah kebiasaan ( makan dan minum sambil berdiri ), maka akibatnya akan cukup fatal. Dari hari ke hari sel kerongkongan akan mengalami iritasi. Sehingga suatu saat iritasi sel kerongkongan telah terakumulasi.

Akibatnya pada kondisi yang parah akumulasi iritasi kerongkongan ini pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya kanker Esofagus.

Nah sekarang lebih jelas ya gan….

Selamat menikmati hidangan hari ini….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s