personal

Waspada Akan Bahaya Kurang Tidur

image

jasadh.blogspot.com

Suka begadang gan? Suka ngumpul-ngumpul ato nongkrong pas malem hari gan? Kalo gada artinya mending gag usah deh gan heheheheeee… Palagi malemnya abiz begadang, siangnya harus beraktifitas, sekolah ato kuliah ato kerja, jatah tidurnya pasti keganggu nih. Awas, gag baik buat kesehatan lho….


Apa aja sih dampak buruknya kurang tidur? Hyuuuk kita simak….

Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur:

:1.Turunnya Konsentrasi.Ini jelas akan terjadi ketika kita merasa pusing yang merupakan gejala umum sebagai akibat kurang tidur. Bekerja di bidang apapun, konsentrasi, kewaspadaan dan ketelitian tetap dibutuhkan. Siklus tidur di malam hari berperan dalam menguatkan memori dalam pikiran. Jika kamu tidak cukup tidur, kamu tak akan bisa mengingat dengan baik apa yang sudah kamu pelajari seharian.

2.Menyebabkan Tubuh Mudah Terserang Penyakit.Jika kurang tidur, tubuh akan sangat rentan terhadap penyakit, meskipun itu penyakit ringan seperti batuk dan flu. Biarpun kamu memunyai pola makan yang bagus, jika tidur malammu kurang, tubuh jadi tidak stabil.

3.Meningkatkan Resiko Penyakit Kanker.Jika tidur malammu hanya 6 jam bahkan kurang, resiko terkena penyakit kanker akan meningkat. Ini disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon melatonin yang mempengaruhi peningkatan kanker. Hormon ini diproduksi jika kita sedang tidur.

4.Resiko Kegemukan dan Obesitas.Hal ini disebabkan karena hormon pengatur keinginan makan yang tidak terkontrol dengan baik. Jika kita tidur kurang dari 6 jam di malam hari, tubuh kita akan merasa lapar, kemudian naluri kita akan mencari makanan yang berkarbohidrat, berlemak, nah inilah yang bisa memicu obesitas.

5.Menyebabkan Depresi.Jika kurang tidur, emosi kita akan meningkat, akibatnya kita jadi sering marah-marah dan akhirnya depresi. Menurut penelitian, penderita insomnia 5 kali lebih rentan mengalami depresi. Sebaliknya, pola tidur yang ideal (7-8 jam perhari) merupakan terapi alamimenghilangkan depresi.

6.Memicu Serangan Jantung.Hal ini berdasarkan penelitian dari Journey of Psychiartic Research, bahwa kurang tidur berkualitas akan meningkatkan peradangan bagi wanita. Hal tersebut juga bisa memicu timbulnya serangan jantung koroner.(Baca juga :Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Urat)7.Meningkatkan Resiko Kematian.Masih ingat kejadian yang menimpa Mita Diran beberapa waktu lalu? Akibat bekerja yang terus-terusan tanpa tidur selama 30 jam, beliau pun meninggal. Dalam sebuah penelitian di Inggris menemukan bagaimana pola tidur mempengaruhi angka kematian lebih dari 10.000 PNS di Inggris selama dua dekade. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada 2007, mereka yang telah tidur kurang dari 5-7 jam sehari mengalami kenaikan resiko kematian.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s