internet

Yahoo Menjadi Mesin Pencari Bawaan Di Firefox

jasadhYahoo dan Mozilla sepakat melakukan kerjasama yang akan belangsung hingga lima tahun ke depan. Dalam kesepakatan tersebut, Yahoo akan menjadi mesin pencari utama (default) untuk browser Firefox, baik itu versi mobile maupun desktop. Di bulan Desember nanti, Yahoo akan menghadirkan peningkatan fungsi pencarian untuk pengguna Firefox, termasuk fungsi Do Not Track.

jasadh

Sebelumnya, fasilitas pencarian default di Firefox diisi oleh Google. “Google telah menjadi standar pencarian global Firefox sejak 2004. Kesepakatan baru kami datang tahun ini, dan kami mengambil ini sebagai kesempatan untuk mengkai ulang strategi kompetitif dan mengeksplorasi pilihan kami,” kata Chris Beard, CEO Mozilla, dalam pernyataan resminya.

Meski tak lagi menjadi mesin pencari utama, pilihan pencarian Google, Bing, DuckDuckGo, eBay, Amazon, Twitter, dan Wikipedia akan tetap ada sebagai pilihan alternatif. Menurut Beard, Yahoo Search akan menjadi mesin pencari utama untuk Firefox di wilayah AS selama lima tahun ke depan. Sementara untuk wilayah Tiongkok dan Rusia akan diisi oleh mitra lokal, seperti Baidu dan Yandex.

Dikutip dari The Verge, hanya 10% pencarian web dunia dilakukan melalui Yahoo, yang mana ditenagai oleh Microsoft Bing. Menurut CEO Yahoo Marissa Mayer, trafik pencarian masih menjadi prioritas utama untuk jaringannya, dan berharap bisa lebih mengeksplor melalui kerjasama baru. “Di Yahoo, kami sangat percaya di pencarian — itu sebuah wilayah investasi, kesempatan, dan pertumbuhan buat kami,” kata Mayer. “Saya sudah tak sabar menantikan inovasi yang akan kita buat bersama-sama.” sember

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s