kesehatan

Inilah Manfaat Madu Bagi Manusia

Inilah Manfaat Madu Bagi Manusia. Adakah yang masih tidak mengenal salah satu bahan alami yang satu ini? Pasti kita semua sudah mengenal apa yang dinamakan madu. Iya, bahan yang dikenal dengan rasa manisnya ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Bahkan, salah satu manfaat madu adalah disebut-sebut sebagai bahan alami terbaik dalam pengobatan.

Sebelum masuk pada pembahasan manfaat madu, tahukah kamu darimana madu ini berasal?

Manfaat Madu
Manfaat Madu

Iya benar, cairan kental berwarna coklat keemasan ini merupakan kumpulan dari nektar tanaman yang telah bercampur dengan saliva atau air liur lebah yang di simpan  dalam sarangnya. Madu ini sendiri terdiri dari glukosa, fruktosa dan air. Selain itu, madu juga mengandung beberapa senyawa nutrisi yang lain seperti protein, vitamin dan mineral, termasuk niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium,potassium dan zinc.

Tak hanya berhenti disini saja, ternyata madu juga mengandung flavonoid dan asam fenolat yang dapat bertindak sebagai senyawa antioksidan.

 

Apa Sajakah Manfaat Madu Itu?

Kandungan yang terdapat pada madu ini kaya akan nutrisi dan zat aktif yang menjadikan madu sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Apa saja manfaat madu itu ya?

Berikut ini adalah beberapa manfaat madu yang sangat dianjurkan untuk diketahui yaitu :

1. Menghilangkan Sakit Batuk

Batuk timbul karena ada masalah pada sistem pernafasan yang bisa menyerang siapa saja, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Pastinya sangat mengganggu dan menyiksa penderitanya.

Ternyata Madu mengandung senyawa aktif antibakteri dan antiviral yang dapat meredakan batuk. Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Penn State College of Medicine dan melibatkan 105 anak usia 2 hingga 8 tahun melaporkan bahwa manfaat madu dapat mengatasi masalah batuk pada anak-anak yang menderita infeksi saluran nafas bagian atas jika diberikan selama tujuh hari berturut-turut.

Efek yang ditimbulkan madu sama dengan efek obat batuk yang mengandung dextromethorphan. Saat terserang batuk, konsumsilah satu atau dua sendok madu saat sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

2. Menghilangkan jerawat

salah satu manfaat madu adalah juga bisa untuk meghilangkan jerawat lho. Siapa sih yang nyaman dengan wajah penuh jerawat. Menjengkelkan ya karena membuat kulit wajah menjadi kasar dan terkadang meninggalkan noda hitam yang untuk menghilangkan bekasnya saja sangat sulit dan butuh waktu lama.

Jerawat timbul karena infeksi bakteri dan penumpukan sel kulit mati pada pori-pori yang menimbulkan peradangan dan benjolan merah pada wajah. Madu mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membunuh bakteri P.acne penyebab jerawat sekaligus mengurangi radang dan kemerahan pada kulit wajah.

Caranya cukup oleskan madu langsung pada jerawat selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat, lakukan perawatan ini setiap hari.

3. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat dewasa ini dan penyakit ini biasanya disebabkan karena pola hidup tidak sehat terutama pada kasus diabetes tipe 2.

Diabetes adalah penyakit yang sangat ditakuti karena penderita diabetes kehilangan kemampuan untuk mengatur kadar gula dalam darah akibat hormon insulin yang tidak berfungsi secara normal. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan gula dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Apa manfaat masu untuk masalah ini/ Madu mengandung senyawa gula alami yang lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan gula pasir atau sukrosa. Hal ini disebabkan karena indeks glikemiks madu lebih rendah dibandingkan jenis gula lainnya seperti sukrosa sebagaimana disebutkan dalam penelitian Shambaugh et al., pada tahun 1990. Indeks glikemiks atau IG adalah skala yang menyatakan kecepatan suatu makanan dalam meningkatkan kadar gula dalam darah.

Jadi manfaat madu dalam hal ini adalah berperan untuk mengganti gula dengan madu dapat menurunkan resiko penyakit diabetes dan mengendalikan kadar gula dalam darah.

Manfaat madu tidak terhenti hanya di sini saja karena masih banyak lagi manfaat madu yang lainnya untuk kehidupan manusia. Terimkasih telah membaca artikel Inilah Manfaat Madu Bagi Manusia . Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s